Bg

Pendidikan Islam Anak Usia Dini - UIN Raden Mas Said Surakarta Surakarta

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Sejarah :

Program Studi PGRA ini baru berdiri pada tahun 2012, yaitu dengan keluarnya ijin operasional penyelenggaraan program studi PGRA nomor: 1181 Tahun 2012 tanggal 13 Agustus 2012 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Dengan demikan pada tahun akademik 2012/2013 baru mulai menerima mahasiswa baru untuk angkatan pertama. Pada tahun pertama ketua program studi belum diangkat, sehingga masih ditangani langsung oleh Ketua Jurusan Tarbiyah, yaitu Ibu Dra. Noor Alwiyah, M.Pd. Setelah itu pada tahun 2013 – sekarang PGRA diamanatkan kepada Bapak Drs. Subanji, M.Ag Selaku Ketua Program Studi. Pada tahun 2016, keluar SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 6421 tahun 2016 tanggal 14 Nopember 2016 tentang Penyesuaian Nomenklatur Program Studi IAIN Surakarta yang menyebutkan bahwa program studi PGRA berubah menjadi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Pada tahun 2016, prodi PGRA telah terakreditasi  B yang berlaku selama lima tahun. Untuk menyesuaikan nomenklatur menjadi PIAUD,  sertifikat akreditasi diperbaharui lagi sejak tanggal 10 Oktober 2017 berdasarkan keputusan BAN-PT Nomor: 3506/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017.

Visi    :

Menjadi program studi yang unggul dan inovatif di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Misi    :

  1. Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran yang inovatif untuk menghasilkan lulusan yang professional dan unggul dalam bidang pendidikan Islam Anak Usia Dini;
  2. Mengembangkan penelitian dan publikasi ilmiah yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dalam bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan dan penerapan inovasi di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini;
  4. Meningkatkan kerjasama nasional dan internasional dengan berbagai pihak di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Tujuan     :

  1. Meningkatkan lulusan yang inovatif, produktif, dan berdaya saing tinggi dalam bidang pendidikan Islam anak usia dini;
  2. Menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah yang berdayaguna bagi masyarakat dalam bidang pendidikan Islam anak usia dini;
  3. Menghasilkan karya inovasi pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang pendidikan Islam anak usia dini;
  4. Terwujudnya jalinan kerjasama yang baik secara nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan keilmuan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Profil Lulusan :

  1. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  2. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. 
  3. Mampu mengelola lembaga PAUD sesuai dengan standar Pendidikan yang telah ditentukan.
  4. Mampu menciptakan peluang usaha dalam bidang PIAUD.
  5. Mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal dalam konsep teoritis pendidikan anak usia dini. 
  6. Mampu mengkaji karakteristik, pengasuhan, serta keterlibatan keluarga dalam pendidikan dan perkembangan anak dalam konsep teoritis hubungan keluarga dan komunitas. 
  7. Mampu mendesain asesmen anak usia dini sesuai tahapan perkembangan melalui metode dan teknik penilaian secara tepat. 
  8. Mampu merancang dokumen Kurikulum PAUD dan membuat desain lingkungan belajar di PAUD.
  9. Mampu menerapkan program, kebijakan dan prosedur dalam praktik keselamatan, kesehatan dan nutrisi sesuai dengan tahap perkembangan anak dan kebutuhan individu.
  10. Mampu mengaplikasikan kompetensi profesionalisme dan kepemimpinan terkait dengan etika standar dan pedoman profesional.
  11. Mampu menyelesaikan masalah administrasi dan manajemen dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini secara efektif.
  12. Mampu melaksanakan fungsi manajemen Pendidikan di lembaga PAUD dengan baik.
  13. Mampu menghasilkan produk-produk inovatif dan keahlian dalam bidang PIAUD.
  14. Menguasai konsep teoritis pendidikan anak usia dini yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal secara mendalam.
  15. Menguasai konsep teoritis hubungan keluarga dan komunitas dengan anak usia dini secara mendalam, dengan memperhatikan konsep hubungan keluarga dan komunitas dalam perspektif islam, budaya kedaerahan, serta kemajuan teknologi.
  16. Menguasai konsep teoritis asesmen dalam pendidikan anak usia dini secara mendalam.
  17. Menguasai Konsep Teoritis Kurikulum, pembelajaran, dan Penataan Lingkungan Belajar di PAUD secara mendalam.
  18. Menguasai Konsep teoritis keselamatan, kesehatan dan nutrisi secara mendalam yang mendukung tumbuh kembang anak usia dini.
  19. Menguasai konsep teoritis profesionalisme dan kepemimpinan bagi pendidik dan tenaga kependidikan secara mendalam.
  20. Menguasai konsep teoritis administrasi dan manajemen dalam mengorganisasikan lembaga pendidikan anak usia dini.
  21. Menguasai konsep manajemen Pendidikan Anak Usia Dini dengan baik.
  22. Menguasai dasar-dasar kewirausahaan dan kepemimpinan dalam bidang PIAUD secara mendalam.

Link Program Studi :

https://piaud.fit.uinsaid.ac.id/id