Bg

Berita - IAIN Surakarta

Peringati Hari Bahasa Arab Internasional Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Raden Mas Said Surakarta Mengadakan Seminar Internasional AEC 2021 (Arabic Education Conference)

23 Desember 2021

Peringati Hari Bahasa Arab Internasional Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Raden Mas Said Surakarta Mengadakan Seminar Internasional AEC 2021 (Arabic Education Conference)

Surakarta- Hari Bahasa Arab sedunia di peringati setiap tanggal 18 Desember, dalam rangka memperingatinya Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Raden Mas Said Surkarta mengadakan kegiatan seminar Internasional secara daring dari UIN Raden Mas Said pada hari Sabtu, 18 Desember 2021. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama antara Prodi PBA dengan S2 PBA, Ikatan Alumni Bahasa Arab (IKABA), dan Ittihad Mudarrisi Lughah Arabiyah (IMLA) Indonesia.

Kegiatan ini dibuka resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Raden Mas Said Prof. Dr. H. Baidi, M.Pd dan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang sekaligus merupakan ketua penyelenggara kegiatan seminar Internasional Dr. Saiful Islam, M.Ag dengan tema Arabic Education Society 5.0. Dalam sambutannya Prof. Dr. H. Baidi M.Pd menyampaikan bahwa “Dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Bahasa Arab setidaknya bisa menambah wawasan serta pengetahuan kita terhadap pentingnya belajar bahas Arab”.

Seminar Internasional AEC (Arabic Education Conference) ini bertujuan untuk mendorong kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran bahasa Arab serta mampu menjadi wadah bagi akademisi di bidang bahasa Arab dan pengajarannya. Baik itu dari sefi metode pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar dan juga evaluasi pembelajaran bahasa Arab.

Seminar ini juga diikuti oleh kurang lebih 250 orang peserta secara daring dan sekitar 37 peserta yang mempresentasikan hasil penelitiannya. Peserta seminar terdiri dari para dosen, guru, mahasiswa dan pemerhati Bahasa Arab baik dari dalam maupun luar Negeri.

Acara ini dimoderatori oleh Drs. Sukirman, M.Ag dari UIN Raden Mas Said Surakarta. Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan seminar ini adalah Profesor Madya Dr. Muhammad Anas Al Muhsin yang merupakan seorang guru besar dari Universitas Sultan Idris Malaysia, Dr. Tulus Musthofa, L.C., M.A ketua IMLA Indonesia dan Dr. Imam Makruf, S.Ag., M.Pd dari UIN Raden Mas Said Surakarta.

Profesor Madya Dr. Muhammad Anas Al Muhsin dari Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia menyampaikan perlunya mengintegrasikan teknologi ke dalam kelas pada pembelajaran di abad dua puluh satu sehingga pengalaman belajar lebih menarik. Selain itu, perlunya penggunaan modul buku ajar bahasa Arab baru yang diterapkan pemerintah selama proses pembelajaran online akibat merebaknya pandemic covid-19.

Sementara Dr. Tulus Musthofa, Lc., M.A. selaku ketua IMLA Indonesia menyampaikan “Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia ini diharapkan dapat membuat kita lebih cinta terhadap Bahasa Arab karena bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an yang penting bagi umat Islam”

Sementara Dr. Imam Makruf, S.Ag., M.Pd. dari Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta selaku pembicara terakhir menyampaikan permasalahan yang dialami ketika pembelajaran daring serta cara mengatasi pembelajaran daring dengan menggunakan teknologi atau media pembelajaran sebaik mungkin seperti Quiziz, PowToon, Youtube, Google Slides, dan sebagainya. Selain itu, perlu menggunakan strategi yang tepat seperti Problem Based Learning, Discovery Learning, Project Based Learning, Inquiry Learning, dan Production Based Training.