Bg

Berita - IAIN Surakarta

Hasil Survai: Kinerja Dosen, Layanan Akademik, Sarana dan Prasarana PPG Dinilai Sangat Baik.

3 August 2022

Sukoharjo 2022_ Dalam rangka meningkatkan mutu pengelolaan PPG LPTK UIN Raden Mas Said Surakarta melakukan survai kepada mahasiswa

Mahasiswa merupakan salah satu stakeholders yang dimiliki oleh Jurusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Ilmu Tarbiyah (FIT) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta yang perlu dilayani dengan baik. Oleh karena itu, pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan oleh jurusan dan fakultas harus dilakukan. Pengukuran kepuasan mahasiswa meliputi kepuasan terhadap layanan kinerja mengajar dosen, layanan administrasi akademik, dan layanan sarana prasarana pembelajaran. Tujuan pengukuran kepuasan ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa; untuk mendapatkan umpan balik balik terkait dengan upaya perbaikan secara berkelanjutan dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa sebagai salah satu stakeholder; dan untuk menentukan komponen atau aspek kinerja jurursan dan fakultas yang perlu segera ditindaklanjuti berdasarkan skala prioritas.

Instrumen yang digunakan untuk mengukur kepuasan mahasiswa terhadap kinerja mengajar dosen, layanan administrasi akademik, serta sarana dan prasarana dikembangkan oleh Gugus Penjamin Mutu (GKM) fakultas kemudian dilaksanakan oleh Jurusan. Instrumen yang digunakan dapat dilihat melalui klik link. Instrumen tersebut dinilai menggunakan skala likert dengan (1) Sangat Tidak Setuju, (2) = Tidak Setuju, (3)

= Netral, (4)=Setuju, dan (5)= Sangat Setuju. Pengumpulan data dilakukan secara sensus, dimana respondennya adalah seluruh mahasiswa PPG yang aktif pada tahun akademik 2023, yaitu sebanyak 1161 mahasiswa. Pada tahun ini, instrumen yang digunakan masih baru maka perlu dilakukan analisis kelayakan instrumen terlebih dahulu. Pengecekan kelayakan instrumen dilakukan dengan cara menggumpulkan 30 sampel data dari 1161 terlebih dahulu kemudian dianalisis validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data kepuasan mahasiswa adalah statistika deskriptif dengan menggunakan diagram batang, tabel, dan angka.

Berdasarkan survei kepuasan mahasiswa terhadap kinerja mengajar DTPS, layanan administrasi akademik, dan sarana prasarana pembelajaran yang telah dilaksanakan pada tahun 2023 dapat disimpulkan:

  1. Responden sangat puas dengan kinerja mengajar dosen DTPS dengan nilai rerata sebesar 4,8
  2. Responden sangat puas dengan layanan administrasi akademik dengan rerata sebesar 4,8.
  3. Responden sangat puas dengan layanan sarana prasarana dengan rerata sebesar 4,7